FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

menu x

Dukung Generasi Muda Berinovasi, FTIP Unpad dan Kino Youth Innovation Award (KYIA) Rangkul Mahasiswa Unpad dalam Workshop “Tomorrow’s Innovator”

Pesatnya perkembangan teknologi dan perilaku konsumen yang terus berubah-ubah menciptakan suatu kebutuhan akan inovasi. Sebagai generasi muda, mahasiswa memiliki peran untuk menciptakan hal-hal baru yang dapat menunjang kebutuhan masyarakat, baik sekarang maupun di masa depan. Suatu inovasi ditunjang dengan kemampuan hard skill dan soft skill maisng-masing individu. Bangku pendidikan umumnya hanya berfokus pada hard skill untuk menciptakan suatu inovasi, namun soft skill juga memiliki peran yang sama pentingnya dalam mewujudkan inovasi tersebut.

Workshop “Tomorrow’s Innovator” yang digelar PT. Kino Indonesia Tbk., dengan fasilitasi Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad di Aula Dekanat FTIP Unpad, Jatinangor, Kamis (15/03) kali ini membahas tentang hal-hal yang dibutuhkan oleh para generasi muda, yaitu soft skills vs innovation yang dibawakan oleh Bapak Robi Andoyo, S.TP.M.Sc., Ph.D selaku Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad dan tantangan dalam berinovasi yang disampaikan oleh Bapak Dr. M. Rahmat, S.Si., M.Si selaku Senior Manager Product Innovation PT. Kino Indonesia Tbk.

Disrupsi yang dialami oleh para industri merupakan tantangan bisnis saat ini. Oleh karena itu, inovasi yang prosesnya melibatkan teknologi, ilmu bisnis, serta kemampuan dalam diri manusia menjadi hal yang sangat penting dan kebutuhannya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Soft skills merupakan salah satu faktor penting dalam berinovasi karena mencakup kebiasaan seseorang, sikap, kreativitas serta kemampuan intrapersonal lainnya seperti motivasi, optimisme, hingga manajemen waktu. Oleh karena itu dosen FTIP Unpad, Robi Andoyo, mendorong agar mahasiswa unpad meningkatkan soft skills-­nya untuk mengatasi berbagai tantangan yang tidak cukup hanya diseleseaikan dengan hard skill.

Selain soft skills, para inovator juga harus memahami kebutuhan dan keinginan pasar sehingga produk yang dihasilkan dapat berkompetisi dengan produk lain dan diterima konsumen. Senior Manager of Innovation PT. Kino Indonesia, Tbk., Mamat Rahmat, membocorkan beberapa kunci untuk melakukan inovasi produk beberapa diantaranya yaitu effortless, menyehatkan, alami dan organik. Selain itu, inovasi dibutuhkan atas dasar tidak ternilainya waktu sehingga diciptakanlah produk-produk instan dengan distribusi barang yang cepat, seperti jasa transportasi online, untuk menunjang kebutuhan konsumen dengan mobilitas tinggi maupun orang-orang yang keinginannya serba cepat.

Selain kunci untuk berinovasi, disampaikan juga proses melakukannya mulai dari pengembangan ide hingga pengembangan formula dan dilengkapi dengan simulasinya berupa mind mapping. “Tomorrow’s Innovator” dengan konsep intense workshop menuntut generasi muda untuk berpikir jauh lebih maju dimana produk inovasi yang dihasilkan dapat digunakan di masa depan. Kino Youth Innovator Award merupakan ajang tahunan yang digelar PT. Kino Indonesia untuk menemukan inovator masa depan. Mengangkat tema “Empower Life Through Nature”, kompetisi ini akan digelar pada Mei mendatang dengan total hadiah mencapai Rp 60 juta. (Rizka, 240210150100)