PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

FTIP Selenggarakan Studium Generale dengan tema “Science and Technology for Nanoscale and Microscale Structured Agricultural Products”

Mengawali tahun ajaran baru 2018/2019, pada hari Rabu, 30 Januari 2019, Fakultas Teknologi Industri Pertanian menyelanggarakan Studium Generale dengan tema “Science and Technology for Nanoscale and Microscale Structured Agricultural Products” oleh Prof. Mitsutoshi Nakajima dari Faculty of Life and Environmental Sciences, University of Tsukuba – Jepang. Sesuai dengan keahlian dan pengalaman beliau di bidang food engineering terutama mikro dan nanoteknologi, kegiatan ini difokuskan pada diskusi dan sharing mengenai penggunaan teknologi sederhana maupun kompleks dalam pemanfaatan bahan hasil pertanian menjadi produk berstruktur mikro dan nano.

 

“Memanfaatkan senyawa aktif dari bahan hasil pertanian menjadi material berstruktur mikro maupun nano sangat penting untuk meningkatkan penyerapan dan bioavaiability senyawa aktif ketika digunakan” ujar Prof. Mitsutoshi.

 

Prof. Mitsutoshi juga menjelaskan, bahwa “Microchannel emulsification (MCE) merupakan salah satu teknologi yang dapat digunakan pada proses pemanfaatan senyawa aktif menjadi material berukuran micro/nano”. Teknologi ini telah menarik banyak perhatian karena rendahnya konsumsi energi yang diperlukan untuk menghasilkan droplets berukuran 1-500mm dengan keberagaman ukuran dibawah 5%. Proses ini dilakukan dengan mengalirkan fase terdispersi melalui pelat MCE yang telah terisi fase pendispersi dengan tekanan tertentu. Namun pengembangan teknologi ini masih sangat dibutuhkan mengingat pada saat ini teknologi ini baru dapat digunakan pada skala kecil/laboratorium.

Perserta kegiatan Studium Generale dengan tema “Science and Technology for Nanoscale and Microscale Structured Agricultural Products”

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan baik dari dalam maupun luar civitas akademika FTIP seperti dosen dan peneliti dari Pusat Riset Pengembangan Institusi Nano Teknologi dan Graphene (PRINT-G), serta DRPMI Universitas Padjadjaran. Antusiasme terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta studium general. Hal ini menunjukkan besarnya ketertarikan peserta dalam pengembangan teknologi mikro/nanoteknologi pada produk pertanian.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Laboratorium Teknik Pertanian dan Biosistem, Laboratorium Teknologi Industri Pangan, Laboratorium Central Unpad, dan mengunjungi langsung pelaku usaha dibidang essential oil (Bu Puji, red.) untuk mengetahui prosesnya destilasi essential oil minyak nilam yang telah peroperasi di masyarakat.

Prof. Mitsutoshi bersama Dr. Sarifah Nurjanah saat mengunjungi Laboratorium

Dr. Ir. Sarifah Nurjanah M. App. Sc selaku Ketua Departemen  Teknik Pertanian dan Biosistem mengungkapkan “Melalui kegiatan ini diharapkan Faculty of Life and Environmental Sciences University of Tsukuba – Jepang dengan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran dapat menjalin kerjasama dalam bidang penelitian maupun pertukaran pelajar”.