[Unpad.ac.id, 14/07/2016] Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat untuk melakukan seleksi, pelatihan, perumusan kurikulum dan monitoring merumuskan pembentukan wirausaha baru Jawa Barat yang ditangani oleh Disperindag Jabar. Penandatangan dilakukan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Dr. Hening Widiasmoko dengan Dekan FTIP Unpad, D Dr. Ir. Edy Suryadi, MT di Kantor Disperindag Jabar, Rabu (13/07) kemarin.

MOU-DISPERINDAG-DAN-TIN-FTIP-2016IMG_9326

Penandatangan kerja sama oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Dr. Hening Widiasmoko dan Dekan FTIP Unpad, Dr. Ir. Edy Suryadi, MT di Kantor Disperindag Jabar, Rabu (13/07). *

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Hening mengungkapkan ketertarikannya terhadap proses pembentukan wirausaha baru di lingkungan Prodi Teknologi Industri Pertanian yang menggunakan berbagai metoda baru seperti pendekatan proses kreatif dan design thinking.  Pendekatan yang telah dilakukan dalam dua tahun terakhir dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaan di lingkungan  Unpad dengan melibatkan konsep Pentahelix ini dirasa perlu untuk kemudian disebarluaskan melaui program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Lebih lanjut Dr. Hening mengungkapkan, ketertarikannya tersebut juga atas dasar TIN FTIP Unpad selama ini telah dikenal dengan prestasinya dalam mengawal pembentukan wirausaha baru. Salah satu prestasi yang pernah diraih yaitu Anugerah Penggerak Kewirausahaan Nasional 2015 melalui salah seorang staf pendidiknya, Dr. Dwi Purnomo, S.TP., MT, serta berbagai komunitas dan mahasiswa wirausaha yang didampinginya.

Sementara itu, Dekan FTIP Unpad Dr. Edy menyambut baik apresiasi Disperindag Jabar ini. Ia pun akan melibatkan para pengusaha muda Unpad yang tergabung dala komunitas The Local Enablers yang dibina  Prodi Teknologi Industri Pertanian untuk menjadi fasilititator para calon wirausaha baru ini. Pelibatan ini juga menjadi penting sebagai media pembelajaran  dan saling menguatkan para wirausaha baru tersebut. Selanjutnya, kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan pengembangan komunitas usaha melalui pendekatan kreatif yang akan menjadi pendukung Unpad dalam memberikan dampak positif bagi pembangunan Jawa Barat.

Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, pembentukan wirausaha baru ini akan diperkenalkan dengan beragam cara berpikir dan metode agar mampu memiliki kemandirian dalam proses inovasinya. Beberapa materi yang akan disampaikan antara lain adalah pendekatan Design Thinking, Business Canvas Model, Customer Journey, The Empathy Map, Creative-Partnership Networks, Creative Process, Socio-Technopreneurship dan Business & Product Development. Materi pun akan  disampaikan dengan teknik pembelajaran terkini yang menyenangkan.

Keberhasilan Prodi TIN dalam mendapatkan kepercayaan untuk mendampingi wirausaha baru ini merupakan keberhasilan yang nyata dari konsistensinya untuk merealisasikan program Hibah Unggulan Program Studi (HUPS)- nya yang mengarahkan untuk menjadi Centre of Excellent (CoE) dalam bidang Technopreneurship dan Usaha Kecil Menengah. Dengan ini pula, diharapkan bahwa proses ini mulai memberikan dampak yang baik bagi pembangunan Jawa Barat sesuai visi Universitas Padjadjaran. Pelaksanaan  Perjanjian Kerjasama terkait Pembentuka Wirausaha Baru ini juga dihadiri oleh Kepala Departemen Teknologi Industri Pertanian, Ir. Totok Pujianto, MT.*

Rilis: FTIP Unpad / art