PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

FTIP Unpad dan IPB menjadi pemenang National Ideas Competition of Agroindustrial Technology Student 2019

Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian  Universitas Padjadjaran (FTIP-Unpad) bekerja sama dengan Asosiasi Agroindustri Indonesia (AGRIN) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (Himatein Unpad) melaksanakan National Ideas Competition of Agroindustrial Technology Student 2019, yaitu lomba karya tulis ilmiah dan desain poster yang diselenggarakan pada mulai tanggal 10 Juni sampai dengan 15 Juli 2019, yang pada puncaknya diumumkan pemenangnya pada tanggal 29-30 Juli 2019 di Puri Setiabudhi Residence, Bandung bertepatan dengan acara International Conference on Food and Bio-Industry (ICFB 2019).

 

Para pemenang National Ideas Competition of Agroindustrial Technology Student 2019

 

Natideas 2019 diikuti oleh 58 tim yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Natideas mengambil tema The Future of Agroindustry and Bioenergy dan kemudian dibagi menjadi 6 subtema. Para pemenang diberikan hadiah selain berupa uang tunai dengan total mencapai 13 juta rupiah juga mendapat kesempatan menjadi peserta ICFB 2019 dan summer course dalam acara Bandung Safe Course 2019.  Kompetisi ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Lomba gagasan tertulis dan Lomba Desain Poster.

Pemenang National Ideas Competition of Agroindustrial Technology Student dalam kategori Gagasan Tertulis sebagai juara 1 diraih oleh tim dari Institut Pertanian Bogor (Ridha Fauziyah dkk) dengan Judul gagasan: “WE’RE GOT TALENT (waste reduction by maggot as an alternate mangement): solusi mengatasi limbah pome dan vegetable-market solid waste melalui pemanfaatan maggot sebagai sumber kitosan dan biodiesel”. Sebagai Juara 2 diraih oleh tim “METHANOBACTERIUM” dari Teknologi Industri Pertanian-Universitas Padjadjaran (Muhamad Raka Nuur Alfajri dkk), dengan Judul gagasan: “Pemanfaatan limbah cair tahu menjadi biogas menggunakan kotoran sapi sebagai biokatalis”. Juara 3 diraih oleh tim “BISMART” dari Universitas Jember (Firda Ainina Adha dkk), dengan Judul gagasan: “GARPU MALING (garpu ramah lingkungan): solusi tepat guna substitusi garpu plastik”. Sedangkan Juara 4 diraih oleh tim TIP UISI  dari Universitas Internasional Semen Indonesia (Layliya Ramadhina Putri Afandi dkk) dengan Judul gagasan: “Multipurpose paper bag swalayan”.

 

Penyerahan hadiah oleh Ketua Pelaksana Natideas 2019 Dr. Efri Mardawati, STP., MT kepada pemenang National Ideas Competition of Agroindustrial Technology Student 2019

 

Pemenang National Ideas Competition of Agroindustrial Technology Student dalam kategori Desain Poster sebagai Juara 1 diraih oleh tim KPNY  dari Teknologi Industri Pertanian-Universitas Padjadjaran (Ghifary Alfarisy dkk), dengan Judul poster: “The secrets behind Indonesia’s palm oil propaganda”. Juara 2 diraih oleh tim ALADIN dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Lambang Sukma Pradana Putra dkk), dengan Judul poster: “Dishwater of rice to overcome the shortage of fossil fuels”. Juara 3 diraih oleh tim “CHAPEL” dari Teknologi Pangan-Universitas Padjadjaran (Christopher Verrel dkk), dengan Judul poster: “LEMONADE: lifestyle modification of successful SDGs for better agroindustry and bioenergy future”. Sedangkan Juara 4 diraih oleh tim SAZJOGY dari Teknologi Industri Pertanian -Universitas Padjadjaran (Sartika Azhari dkk), dengan Judul poster: “Sugarcane by-products bagasse as bioethanol an alternative way to heal the world”.

Dengan diselenggarakannya National Ideas Competition of Agroindustrial Technology Student 2019 ini, diharapkan menjadi ajang untuk berinteraksi, bersosialisasi dalam semangat kompetisi yang sehat serta dalam upaya membina dan mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa,  khususnya di bidang Agroindustri dan Bioenergi. Selain itu ajang ini juga diharapkan bisa menjadi inspirasi sekaligus menumbuhkan motivasi di kalangan mahasiswa agar dapat menggali dan meningkatkan kreativitasnya, ujar Kaprodi TIN Unpad.

 

 

Dokumentasi foto-foto acara