PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

FTIP-Unpad Gelar Kuliah Umum dan Rintis Kerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Kementerian Pertanian RI

Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran (FTIP-Unpad) melaksanakan diskusi rintisan kerjasama melalui diskusi mengenai Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Kementerian Pertanian RI. Acara diawali dengan kegiatan pemberian kuliah umum pada hari Rabu, 4 September 2019 oleh Ir. Jelfina C Alouw,  PhD selaku kepala bidang kerja sama dan pemanfaatan hasil penelitian (KSPHP) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan yang diikuti oleh para mahasiswa FTIP Unpad. Kuliah umum mengambil tema Inovasi Teknologi Perkebunan dalam Menunjang Industri dan Daya Saing Produk, dengan bertindak sebagai moderator Dr. Efri Mardawati, STP., MT sekaligus selaku Ketua Program Studi Teknologi Industri Pertanian Unpad.  Puslitbangbun memiliki 4 Balai Penelitian (balit) yaitu Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, di Bogor; Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat, di Malang; Balai Penelitian Tanaman Palma, di Manado; Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, di Sukabumi, ujar Ir. Jelfina menjelaskan dalam paparan kuliah umumnya.

Suasana kuliah umum oleh Ir. Jelfina C Alouw,  PhD selaku kepala bidang kerja sama dan pemanfaatan hasil penelitian (KSPHP) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan

Balit ini sangat berkaitan erat dengan kajian yang ada di Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad sehingga sangat diharapkan dapat bekerjasama untuk mewujudkan Industri bertanian yang berdaya saing tinggi.  Beberapa produk perkebunan unggulan dijelaskan oleh Jelfina sangat menarik minat mahasiswa sebagai peserta kuliah umum ditandai dengan antusiasnya pertanyaaan dari peserta. Komoditas perkebunan ini diharapkan dapat dijadikan bahan potensi wirausaha berbasis teknologi yang akan dikembangkan oleh mahasiswa nantinya.

Penyerahan cendera mata oleh Dekan FTIP-Unpad Dr. Ir. Edy Suryadi, MT (ketiga dari kanan) kepada pembicara kuliah umum Ir. Jelfina C Alouw,  PhD (ketiga dari kiri).

Setelah kuliah umum kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kerjasama yang diikuti oleh 5 orang dari bidang kerja sama dan pemanfaatan hasil penelitian (KSPHP) Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan dan pihak FTIP-Unpad diantaranya Kepala Departemen Teknologi Industri Pertanian, Dr. Tensiska, Manajer Riset, PKM dan Kerjasama FTIP Wahyu K Sugandi, STP., MT serta beberapa orang dosen FTIP Unpad. Dekan FTIP Dr. Ir. Edy Suryadi, MT menjelaskan kerjasama ini sangat bermanfaat bagi civitas akademika FTIP Unpad dan Pihak Puslitbangbun karena Unpad sekarang sedang gencar mengembangkan kerjasama Pentahelix yang melibatkan Akademisi, Praktisi, Pemerintah, Komunitas dan Media.  Kerjasama yang dirintis ini meliputi aspek penelitian, pendidikan, dan pelatihan. Wahyu Sugandi, STP., MT sebagai Manajer Riset, PKM dan Kerjasama FTIP menjelaskan bagaimana langkah-langkah kerjasama kedepannya sehingga dapat berjalan dengan baik dengan meminta PIC dari FTIP yaitu Dr. Efri Mardawati, STP., MT untuk menyusun PKS dan Kerangka Acuan Kegiatan dengan berkoordinasi dengan pihak Puslitabangbun. Dr. Saefudin sebagai Kasubdit Kerjasama Puslitbangbun menjelaskan komoditas yang akan dikerjasamakan meliputi kelapa sawit, kelapa, kakao, karet, kopi, teh dan tanaman penghasil minyak atsiri. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk perkebunan baik nasional maupun internasional.

 

Dokumentasi Acara