PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

International Conference on Food and Bio-Industry (ICFB) 2019 “Indonesia Towards Leading Agroindustry in Local Wisdom-Based Food and Bioenergy Sovoreignity”

 

Universitas Padjadjaran melalui Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Bekerjasama dengan Persatuan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan Asosiasi Agroindustri Indonesia (AGRIN) melaksanakan seminar internasional yang dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 29-30 juli 2019. Acara ini didukung oleh Universitas Pasundan, Universitas Al-Ghifari, Institut Teknologi Bandung, Universitas Garut, SAFE Network, dan JP Global Transtech. Seminar dilaksanakan dengan suasana yang berbeda dari biasanya yaitu suasana Outdoor di Puri Setiabudhi Residence Bandung-Indonessia. Seminar diikuti oleh tidak kurang dari 250 peserta yang berasal dari Indonesia dan juga manca negara seperti Malaysia, Singapura, Philipina, Vietnam, Srilanka, dan Thailand.

   

Plenary Session oleh salah satu keynote speech oleh Dr. rer. nat. Sonja Kleinertz pada International Conference on Food and Bio-Industry (ICFB) 2019 dengan suasana Outdoor di Puri Setiabudhi Residence bandung-Indonesia

Pada hari pertama seminar, setelah peserta registrasi acara dilanjutkan dengan ekskursi atau trip ke beberapa lembaga terkait bidang pertanian, seperti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTB) Jawa Barat, Balai Penelitian Tanaman Sayuran (BALITSA) Lembang, Laboratorium Kimia Agro Lembang, dan Floating Market Lembang.

 

Salah satu tempat kunjungan (trip) peserta ICFB 2019 di BALITSA Lembang

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara seminar sekaligus Gala Dinner yang dilaksanakan di Pendopo Wali Kota Bandung. Acara pembukaan berlangsung meriah dengan diawali dengan upacara tradisional adat Sunda, kemudian dibuka oleh ketua PATPI Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, MSc. dan sambutan dari ketua Panitia Robi Andoyo, STP., MSc., PhD; sambutan ketua AGRIN Prof. Dr. Ir. Anas M. Fauzi, M. Eng; dan sambutan ketua SAFE Network Prof. Dr. Novizar Nazir. Acara kemudian dilanjutkan dengan materi dari salah satu Keynote Speech Dr. Zuzy Anna yang mengambil Tema “Sustainable Development Goals National and Regional Readiness of Indonesia”. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan malam yang semakin istimewa karena diiringi dengan penampilan group Kecapi dari FTIP-Unpad yang diketua oleh Guru besar FTIP yaitu Prof. Dr. Ir. Imas Siti Setiasih, MS. yang menyajikan beberapa lagu daerah Sunda.

   

Suasana gala dinner peserta ICFB 2019 (foto kiri) yang diiringi pertunjukan group kecapi dari FTIP Unpad (foto kanan)

 

Pada hari kedua Rabu 30 Juli 2019 seminar Internasional dilanjutkan kembali dengan diawali Plenary session tahap I yang diisi oleh keynote speech diantaranya Dr. rer. nat. Sonja Kleinertz dengan tema “Marine Fish Parasites: ecological roles, fish health, human impacts and handling related to fisheries and food safety”; Prof. Dr. Taufiq Yap Yun Hin dengan tema “Production of Renewable Bioenergy from Oil Palm Biomass”; dan dari PT. CAN dengan tema “Spice Up – Geodata for Sustainable Pepper Raming : Case Pepper Field at Bangka Belitung, Lampung, West Kalimantan, and East Kalimantan”.

 

Ketua panitia ICFB 2019 Robi Andoyo, STP., MSc., PhD (paling kiri) bersama ketua PATPI Pusat Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, MSc (kedua dari kiri) dan para Keynote speech.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi paralel sesi I yang dibagi ke dalam 7 kelas paralel. Para peserta yang membawa makalah diberikan kesempatan untuk menyampaikan makalah atau hasil penelitiannya baik melalui presentasi oral maupun poster. Berbagai poster hasil penelitian dipajang di sekitar tempat seminar sehingga peserta dapat dengan leluasa melihat perkembangan hasil penelitian di bidang Pangan dan Bio-Industri. Tempat seminar juga makin meriah karena beberapa sponsor seperti PT. Can, PT. Indotech Scientific, PPTK Gambung, Halal Center Universitas Pasundan, dan beberapa komunitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti AKSARA dan BENUA BALANTIK menggelar pameran di sekitar tempat seminar. Suasana seminar yang bersifat outdoor juga menjadikan suasana semakin asri dan sejuk karena berada di kawasan dataran tinggi berdekatan dengan daerah Lembang. Seminar ini juga semakin berkualitas karena makalah yang diterima akan diterbitkan pada prosiding yang terindeks Scopus yaitu IOP Conference Series sehingga turut mendorong peningkatkan kualitas hasil-hasil penelitian di bidang Pangan dan Bio-Industri.

 

Suasana salah satu presentasi paralel session ICFB 2019 dengan suasana Outdoor di Puri Setiabudhi Residence bandung-Indonesia

Setelah makan siang, acara kembali diisi dengan Plenary session tahap II yang diisi oleh keynote speech diantaranya Prof. Yazid Bindar, Ph.D dengan tema “Carbohydrate Food Now and Future : Problem and Solution”; Ir. Alik Sutaryat dengan tema “Pemberdayaan Petani Melalui Budidaya Tanaman Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Organic System of Rice Intensification“; dan Prof. Nobutaka Ito dengan tema “How Agriculture Can Achive The Goal for Food and Energy Sovereignty”. Pada saat yang bersamaan juga diadakan annual meeting yang diikuti oleh para Petinggi PATPI dan kepala cabang PATPI di seluruh Indonesia untuk membahas berbagai permasalahan dan perkembangan terkait bidang ilmu dan teknologi pangan. Acara Seminar ini juga semakin spesial karena selain seminar juga diadakan diskusi forum bisnis yang diikuti baik oleh praktisi atau pengusaha, akademisi atau peneliti, dan lembaga terkait dengan bisnis pangan dan agroindustri. Selain itu juga adanya peserta Summer course yang diikuti oleh mahasiswa dari negara-negara asean yang bekerjasama dengan SAFE Network juga turut memeriahkan acara seminar. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi paralel sesi II yang dibagi ke dalam 7 kelas paralel.

 

Foto Bersama Peserta International Conference on Food and Bio-Industry (ICFB) 2019

Sebelum acara penutupan, diadakan pemberian penghargaan kepada anggota PATPI yang berhasil memenangkan PATPI Award. Penghargaan juga diberikan kepada best presenter dan best poster dalam acara seminar. Acara kemudian ditutup pada sore harinya. Dalam penutupan, ketua PATPI pusat menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Padjadjaran, Panitia, Sponsor, dan semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya Seminar Internasional ICFB 2019 yang berjalan lancar dan sangat sukses. Para peserta mengaku sangat terkesan dengan seminar ICFB 2019 dan mereka mengaku sangat terinspirasi dengan desain acara ICFB yang unik dengan tema Outdoor. Seminar ini juga ke depan akan terus dilanjutkan karena sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi terutama terkait bidang pangan dan Bio-industri di Indonesia.

Dokumentasi foto-foto acara