PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

Kuliah Umum Perancangan Pabrik Berbasis Agroindustri, FTIP-Unpad Hadirkan Praktisi dari PT Great Giant Food (PT. GGF)

Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran (FTIP-Unpad) yang dimotori oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIN) mengadakan kuliah umum dengan tema “Perancangan Pabrik Berbasis Agroindustri” dengan mendatangkan pihak praktisi yaitu bapak Wahyu Widayat, STP dari  Bromelin Enzyme PT GGF ( Great Giant Food). Kuliah umum dilaksanakan di Aula gedung Dekanat FTIP Unpad Jatinangor pada hari Senin, 18 November 2019. Kuliah ini sangat berguna untuk menambah wawasan, memberikan contoh praktis yang dilakukan oleh perusahaan dalam merancang pabrik agroindustri ujar Dr. Efri Mardawati, STP., MT selaku Kaprodi TIN pada sambutannya membuka acara kuliah umum. Kuliah umum dipimpin oleh Moderator Bambang Nurhadi, STP., MSc., PhD. Dalam memimpin jalannya kuliah umum, moderator menyampaikan pembicara kuliah umum kali ini merupakan sosok luar biasa yang mampu menerapkan perancangan produk menjadi industri skala ekspor di GGF khususnya pada pabrik produksi enzim bromelin.

Penyampaian Kuliah Umum oleh Bapak Wahyu Widayat, STP dari Bromelin Enzyme PT GGF ( Great Giant Food), tentang Perancangan Pabrik Berbasis Agroindustri

Bapak Wahyu Widayat selama kuliah umum menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam merancang sebuah produk dan pabrik berbasis agroindustri. Bagaimana konsep, research, produksi dan analisis. Beliau menjelaskan bagaimana konsep keberlanjutan atau sustainability sudah dijalan kan oleh PT. GGF. Dimulai dari produk pengalengan nanas yang diekspor menghasilkan limbah berupa bonggol nanas, yang setelah dilakukan uji laboratorium oleh Bapak Wahyu dan tim ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan enzim bromelin. Setelah melalui analisis produk dan ekonomi, perusahaan mendirikan pabrik bromelin di PT. GGF membentuk kerjasama dengan Perusahan dari Belgia. Pada sesi tanya jawab, peserta yang merupakan mahasiswa Teknologi Industri Pertanian dan Teknologi Pangan sangat antusias mengajukan pertanyaan terkait materi.

Foto bersama peserta Kuliah Umum “Perancangan Pabrik Berbasis Agroindustri” oleh Bapak Wahyu Widayat, STP (Nomor 2 dari kiri) dari Bromelin Enzyme PT GGF ( Great Giant Food)

Kuliah umum kemudian ditutup dengan pemberian plakat sebagai kenang-kenangan. Acara kuliah umum diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan motivasi mahasiswa dalam merancang usaha agroindustri selanjutnya, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Dokumentasi foto-foto acara