PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

Kunjungan Dekan, Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana FTIP ke Universitas Chulalongkorn – Thailand

Senin, 14 Januari 2019 Dekan (Dr. Ir. Edy Suryadi, M.T), Dosen (Robi Andoyo, S.TP., M. Sc., Ph.D., Dr. Souvia Rahimah, S. TP.,M.Sc., Dr. Dwi Rustam Kendarto M.T., Dr. Efri Mardawati, S.TP, M.T, Tri Yuliana, S. Si., M.Si, P.hD.) beserta Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Magister Teknologi Agroindustri (Mega Nurul Aini, dan Rosalina Ilmi Amalia) Fakultas Teknologi Industri Pertanian, melakukan kunjungan ke The Halal Science Center Chulalongkorn University dan Center for Safety, Health and Environment of Chulalongkorn University.

Kunjungan Dosen Mahasiswa Pascasarjana FTIP di The Halal Science Center Chulalongkorn University disambut oleh Mr. Manat Seubsantikul selaku Direktur Konsultan The Halal Science Center Chulalongkorn University. The Halal Science Centre merupakan pusat studi penelitian dan pengembangan produk halal baik itu makanan, kosmetik, maupun obat-obatan yang diproduksi oleh industri di Thailand, dan merupakan pusat studi mengenai halal research pertama yang dikembangkan pertama di dunia oleh Assoc. Prof. Dr. Winai Dahlan.

Kunjungan ke Halal Science Center ini merupakan Studi lapangan dalam rangka persiapan pendirian Padjadjaran Halal Center Universitas Padjadjaran, dan juga merupakan project based mahasiswa pascasarjana untuk mata kuliah Teknologi Pangan Halal dalam mendalami proses sertifikasi halal Thailand dan dibandingkan dengan system penjaminan produk Halal di Indonesia.

Selain The Halal Science Center, Dosen dan Mahasiswa juga mengunjungi Center for Safety, Health and Environment of Chulalongkorn University (SHECU), disambut oleh Prof. Dr. Tirayut Vilaivan selaku Direktur beserta staffnya.

SHECU merupakan unit yang mengembangkan, mengelola, memantau, mendukung, mengoordinasi, dan menyediakan layanan terkait urusan Safety, Health, a

nd Environment (SHE) kepada unit-unit yang ada di Universitas Chulalongkorn, diantaranya dengan membuat kebijakan-kebijakan terkait cara bekerja yang aman untuk setiap laboratorium, standar keamanan udara di kampus, standar penggunaan material untuk setiap ruangan yang ada di kampus, dan manajemen pengolahan sampah yang ada di kampus.

Kunjungan yang telah dilakukan diharapkan dapat membuka peluang kerjasama dengan Universitas Padjadjaran dalam bidang riset, akademik maupun manajemen pengelolaan laboratorium yang ada di lingkungan kampus. Selain itu dengan adanya kunjungan ini, membawa angin segar untuk mahasiswa FTIP yang tertarik ingin melaksanakan penelitian maupun praktek kerja lapangan yang terkait dengan kajian Halal di Universitas Chulalongkorn, Thailand.