PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

Mahasiswa FTIP Unpad Berhasil Kembangkan Instant Powder Siap Seduh Berbahan Ubi Cilembu Asli Sumedang

Tiga mahasiswa Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran berhasil mengembangkan instant powder (bubuk instan) berbahan dasar ubi cilembu. Bubuk instan ubi cilembu ini dibuat dari ubi cilembu sisa (waste) berukuran kecil yang tidak laku dijual di pasaran dan biasanya hanya digunakan sebagai pakan ternak.

 

Produk bubuk instan ubi cilembu siap seduh yang diberi nama “HUI BOO” ini dikembangkan oleh Gregorius Altheprimo Oktavian, Timothy Darmanto Wijaya, dan Rivaldo Giovano Totos di bawah bimbingan dosen Bambang Nurhadi,STP., MSc., PhD. dengan tujuan utama mengangkat nilai ekonomi dari ubi cilembu sisa berukuran kecil menjadi produk pangan yang bernilai jual.

 

Selain itu, produk pangan “HUI BOO” ini juga merupakan inovasi produk berbahan dasar pangan lokal asli Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang yang juga mengangkat dan mengharumkan nama Kabupaten Sumedang dimana Universitas Padjadjaran bernaung dan berkembang.

Penyerahan hadiah best exhibitor kepada Tim “HUI BOO”, Juara lomba SEAFAST-Indofood Food Product Development Competition 2019

Di saat yang bersamaan, produk “HUI BOO” juga berhasil meraih juara Best Exhibitor pada lomba SEAFAST-Indofood Food Product Development Competition 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 4-5 September 2019 sekaligus mengharumkan nama Universitas Padjadjaran dan Sumedang.

 

Ajang SEAFAST-Indofood FPDC 2019 merupakan kompetisi tingkat Asia Tenggara yang berfokus pada pengembangan dan inovasi produk pangan berbahan dasar lokal yang diselenggarakan oleh Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology Center (SEAFAST Center) bekerja sama dengan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

 

“HUI BOO kami klaim sebagai produk yang berdampak besar karena selain digunakan dari ubi cilembu sisa yang sudah dianggap sebagai sampah dan tidak bernilai jual, inovasi pembubukan menjadi instant powder menjadikannya memiliki umur simpan lebih panjang jika dibandingkan dengan ubi cilembu yang dikonsumsi dibakar pada umumnya ditambah menjadikannya mudah untuk dikonsumsi kapan saja dan dimana saja karena hanya tinggal diseduh.” Ujar Greg seperti dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

 

Sementara peningkatan popularitas nama Sumedang melalui produk inovasi lokal ubi cilembu, kemudahan dan kelebihan yang dimiliki produk HUI BOO memiliki banyak manfaat fungsional dan sosial bagi masyarakat.