PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

Mencipta Produk: Dari Laboratorium Menuju Industri

Dalam rangka membekali mahasiswa dalam menerapkan keilmuan bidang Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kuliah umum dengan tema Mencipta Produk “Dari Laboratorium Menuju Industri” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Juni 2019 bertempat di Bale Santika, Universitas Padjadjaran, Jatinangor-Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh mahasiswa terutama yang duduk di tingkat akhir dan beberapa dosen FTIP-Unpad. Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa terkait dengan pengembangan mata kuliah Perancangan Pabrik, agar peserta lebih menguasai bagaimana menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah menjadi suatu industri atau mengembangkan suatu industri pangan maupun industri teknologi pertanian lainnya.

Sebagai pembicara utama, FTIP-Unpad mengundang Bapak Ir. Mukhlis Bahrainy yang telah memiliki segudang pengalaman di bidang Industri Food Ingredient atau bahan baku industri. Beliau juga sebagai pemilik Pachira Group-Integrated Food Ingredients Business yang memiliki berbagai industri yang telah memproduksi berbagai Food Ingredients dan mesin-mesin produksi. Menurut beliau banyak ilmu dan teknologi yang dipelajari selama kuliah atau penelitian tetapi jarang diterapkan untuk industrialisasi. Padahal ilmu-ilmu tersebut sangat penting peranannya dalam pengembangan industri.

Pemberian Kuliah Umum oleh Bapak Ir. Mukhlis Bahrainy tentang Mencipta Produk: Dari Laboratorium Menuju Industri

Selama ini Food Ingredients atau bahan baku industri di Indonesia masih sangat mengandalkan impor, padahal sebenarnya bahan baku yang tersedia melimpah serta ilmu dan teknologinya juga cukup banyak yang menguasai. Oleh sebab itu pembicara yang juga merupakan asesor RnD Kementerian Perindustrian dan Ristekdikti tersebut menggugah peserta kuliah umum untuk dapat tergerak dalam mengembangkan industri Food Ingredients di Indonesia, sehingga dapat mengurangi devisa yang keluar akibat impor bahan baku tersebut.

Acara kuliah umum semakin menarik dengan Bapak Drs. Zaida, M.Si sebagai moderator memandu sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Salah satu peserta bertanya bagaimana cara memulai menerapkan ilmu dan teknologi yang dimiliki untuk diimplementasikan hingga berdirinya industri yang sukses seperti pengalaman pemateri. Pembicara pun menjawab salah satu kiatnya adalah diperlukan ikhtiar dan niat yang benar untuk memulai  mengambil peluang usaha yang tidak mengganggu industri yang sudah ada, tetapi lakukan inovasi yang justru dapat mensupport industri yang selama ini sudah ada dengan berbagai ilmu pengetahuan dan sentuhan teknologi yang dimiliki. Pemateri pun juga memberikan beberapa kuis yang membuat peserta semakin antusias.

Antusiasme peserta dalam sesi diskusi dan tanya jawab dalam kuliah umum Mencipta Produk: Dari Laboratorium Menuju Industri

Kuliah umum kemudian ditutup dengan pemberian plakat dan piagam penghargaan kepada pemateri dan foto bersama. Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran akan terus melanjutkan pelaksanaan kuliah umum atau studium generale seperti ini karena sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa dalam meningkatkan wawasan keilmuan dan pengalaman dari para pembicara yang didatangkan dari berbagai keahlian dan institusi, sehingga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja dan industri setelah lulus nanti.

Dokumentasi foto-foto acara