PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

Program Studi Teknologi Industri Pertanian FTIP UNPAD bekerja sama dengan FKPSIP Indonesia menyelenggarakan Workshop Penguatan Kurikulum Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Menuju Industri 4.0

Program Studi Teknologi Industri Pertanian FTIP UNPAD bekerja sama dengan FKPSIP Indonesia menyelenggarakan Workshop Penguatan Kurikulum Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Menuju Industri 4.0

Program Studi Teknologi Industri Pertanian FTIP – UNPAD menjadi tuan rumah “Kegiatan workshop Penguatan Kurikulum” yang diikuti oleh para Kaprodi atau perwakilan pengelola program studi TIP di seluruh Indonesia baik jenjang D3, D4,S1, S2 dan S3. Peserta yang hadir diantaranya dari Unpad, IPB,UB, UNEJ, UNUD, UTM, UNIDA Bogor, UNIDA Gontor, UNHAS, ULM, UNILA, UWKS, IUSI, UNJA, Universitas Tribuana dan ITERA. Kegiatan dilaksanakan di Unpad Training Center, Bandung pada Tanggal 31 Januari – 1 Februari 2019 dengan Pembicara utama Prof. Yazid Bindar (Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung) dipandu oleh Prof. Roni Kastaman (TIN Unpad) sebagai moderator.

Prof. Roni Kastaman (kiri) dan Prof. Yazid Bindar (kanan) dalam kegiatan “Workshop Penguatan Kurikulum Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Menuju Industri 4.0”

“Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah dalam rangka penguatan kurikulum TIP agar lulusan program studi ini siap menghadapi industri 4.0,” ujar Dr. Efri Mardawati selaku Ketua Program Studi Teknologi Industri Pertanian FTIP Unpad sekaligus sebagai ketua panitia.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pertemuan FKPSIP Indonesia yang sudah dilakukan di IPB Bogor dan Universitas Brawijaya Malang sebelumnya. Pada kegiatan kali ini output yang diharapkan adalah dapat dihasilkan kesepakatan mengenai struktur kurikulum TIP dan mata kuliah apa saja yang diperlukan untuk mampu menjawab tantangan perkembangan industri 4.0. Selain itu pada workshop ini juga dirancang kerjasama baik bidang pendidikan, penelitian, publiksai PKM dan kerja sama antar program studi Teknologi Industri Pertanian di seluruh Indonesia.

“Salah satu tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0 atau era digitalisasi adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),” tutur Efri.
Di era revolusi 4.0 hampir seluruh pekerjaan yang mengandalkan tenaga manusia dapat digantikan oleh mesin automatisasi yang terintegrasi dengan jaringan internet. Hal ini pun menyebabkan matinya perusahaan-perusahaan raksasa dan semakin sempitnya lowongan pekerjaan yang hanya mengandalkan kemampuan statis. Maka dari itu, SDM yang merupakan output perguruan tinggi perlu benar-benar dipersiapkan agar dapat bersaing. Persaingan kualitas manusia di era ini tidak hanya skala regional/nasional tetapi persaingan antar manusia di seluruh dunia. Dua kriteria utama SDM yang perlu dipersiapkan oleh perguruan tinggi meliputi SDM yang memiliki pemikiran dan tindakan yang kreatif serta inovatif.

Dr. Efri Mardawati (ketiga dari kanan) beserta para peserta kegiatan Workshop Penguatan Kurikulum Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Menuju Industri 4.0

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Forum Komunikasi Program Studi Industri Pertanian Indonesia (FKPSIP). Prof. Suprihatin (IPB) sebagai ketua Forum Komunikasi Program Studi Industri Pertanian (FKPSIP) Indonesia menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, telah dihasilkan penyesuaian kurikulum dan rancangan pembelajaran pada perguruan tinggi yang memiliki program studi TIP seluruh Indonesia menuju industri 4.0.