FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

menu x

Sosialisasi dan Pelatihan Penulisan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM): “FTIP Jawara PIMNAS”

Kreativitas adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh mahasiswa agar dapat bersaing dalam dunia kerja dan pengabdian pada masyarakat. Kreativitas ini dapat dikembangkan dan dilatih, oleh karena itu salah satu bentuk cara mengembangkan dan melatih kreativitas bagi mahasiswa adalah penulisan PKM. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program yang bentuk oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti  dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi baik itu dalam kreativitas, inovasi, dan pengabdian agar kelak dapat berperan aktif dalam masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Pendidikan yang diperoleh dari lembaga-lembaga akademik di masyarakat hanya menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi masyarakat dalam pengabdian.

Sosialisasi dan pelatihan menulisan PKM “FTIP Jawara PIMNAS” yang dilaksanakan oleh Departemen Keilmuan dan Penalaran, Badan eksekitif Mahasiswa, Fakultas Teknologi Industri Pertanian di Aula Dekanat FTIP Unpad, Jatinangor, Senin (26/03) kali ini melakukan diskusi dan pemaparan materi PKM yang bersifat interaktif oleh Bapak Asep Yusuf, S.TP., M.T. selaku Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad dan Bagaimana mencari ide yang unik, nyentri, menjual, dan solutif. yang disampaikan oleh Bapak Dr. Gemilang Lara Utama., S.Pt., M.I.L. selaku Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad.

Muhamad Iqbal, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapreasiasi kegiatan ini karena dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan kualitas dari PKM yang dibuat oleh mahasiswa FTIP dapat bersaing dengan PKM yang dibuat oleh universitas lain, “Saya harap mahasiswa FTIP selain jago untuk buat PKM dengan ide-idenya yang unik, nyentrik, dan solutif diharapkan format penulisannya juga mumpuni dan layak untuk di upload”. Ujar Ketua Pelaksana FTIP Jawara PIMNAS.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah program tahunan nasional yang memiliki banyak peminat sehingga peserta memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk lolos ke babak selanjutnya yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), termasuk tim dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran. Proposal yang dapat lolos ke babak selanjutnya memiliki kriteria tertentu dari DP2M, oleh karena itu perlu adanya strategi yang baik pada pembuatan proposal dan presentasi mahasiswa FTIP di ajang PIMNAS. Oleh karena itu, Departemen Keilmuan dan Penalaran BEM Kema FTIP Unpad berkerja sama dengan bidang keilmuan dan minat bakat HIMATIPAN, HIMATETA, dan HIMATEIN merancang kegiatan FTIP JAWARA PIMNAS yang terdiri dari tiga agenda kerja yaitu Seminar Diskusi PKM, Workshop dan pendampingan PKM, dan PKM Centre FTIP.

Selain dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan PKM ini, dalam acara ini para peserta dibagi kelompok juga, yang mana gunanya kelompok ini dibuat untuk melanjutkan hasil dari diskusi perkelompok mengenai ide yang akan dibuat untuk nanti nya akan di ikut sertakan dalam kegiatan PKM. Untuk memperdalam ide dan gagasnya masing-masing kelompok juga dipandu oleh seorang mentor yang sudah berpengalaman dalam kegiatan PKM dan mentor tersebut merupakan mahasiswa yang pernah mendapatkan pendanaan PKM sebelumnya.

 

Gita Genecya, selaku kepala Departemen Keilmuan dan Penalaran mengatakan bahwa program FTIP Jawara PIMNAS ini merupakan salah satu program dengan kemasan baru yang dibuat untuk meningkatkan kualitas dari Program Kegiatan Mahasiswa di lingkungan FTIP khususnya agar dapat peluang lolos PIMNAS nya lebih besar. “Saya selaku kepala departemen merasa senang dengan terlaksananya Sosialisasi dan pelatihan PKM ini, semoga di tahun ini FTIP mampu untu bersaing dengan Universitas lain dalam mengembangkan ide dan inovasinya dalam PKM sehingga peluang FTIP untuk lolos PIMNAS akan lebih besar” ujar kepala Departemen Kelimuan dan Penalaran, BEM FTIP unpad. (Rizka, 240210150100)