PETA SITUS

KALENDER KEGIATAN

FTIP - UNPAD

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

UNIVERSITAS PADJADJARAN

menu x

TIM FTIP – UNPAD “YOSYTA” Raih Juara I Nasional kompetisi poster ilmiah di National Food Technology Competition 2019

[Jum’at, 17 Mei 2019] Tiga orang mahasiswa jurusan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi poster ilmiah di National Food Technology Competition 2019 yang diselenggarakan oleh BEM FTP Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Tiga orang mahasiswa tersebut bernama Hendi Kuswendi (2016), Eka Dwi Kusumawati (2016), dan Jafar Syidik (2016).

Hendi Kuswendi (kanan), Eka Dwi Kusumawati (tengah), dan Jafar Syidik (kiri) saat penerimaan piala dan hadiah Juara I pada acara National Food Technology Competition 2019

Tema lomba yang diangkat dalam NFTC 2019 adalah “Pengembangan Produk Pangan Fungsional Berbasis Bahan Pangan Lokal”. Adapun produk yang di kembangkan bernama YOSYTA (Yoghurt Synbiotic Taro).

 

Alasan pengembangkan YOSYTA dengan mengamati tren pangan fungsional saat ini dan masa akan dating mengenai konsep “food as medicine”. Indonesia memliliki bahan pangan lokal yang pada dasarnya memiliki komponen fungsional, namun masih belum dimanfaatkan secara optimal, seperti ubi jalar ungu. Ubi jalar ungu mengandung sumber prebiotik juga mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, kami juga melihat bahwa saat ini belum ada yoghurt berbahan dasar ubi jalar ungu yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, kami memilih untuk mengembangkan komoditas tersebut menjadi yoghurt.

 

“YOSYTA merupakan inovasi yoghurt yang memiliki keunggulan dibanding yoghurt lainnya yakni mengandung banyak senyawa fungsional, terutama  sinbiotik dan antioksidan dengan menggunakan pangan lokal ubi jalar ungu var Biang sebagai bahan baku utama” ujar In-In Hanidah, STP., M.Si. selaku pembimbing karya tulis YOSYTA.

 

YOSYTA kami klaim sebagai sinbiotik karena mengandung komponen prebiotik berupa oligosakarida dan serat pangan dari ubi ungu, dan mengandung probiotik berupa bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Lactobacillus plantarum. YOSYTA mengandung senyawa antioksidan yang berasal dari senyawa antosianin dan senyawa fenol yang terdapat pada ubi ungu. Dengan adanya aktivitas sinbiotik dan antioksidan tersebut, YOSYTA memiliki banyak manfaat fungsional bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat YOSYTA ini baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem imun, serta mampu mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

 

“Prestasi yang berhasil kami raih tentunya membutuhkan proses yang tidak sebentar, banyak rintangan dan tantangan yang kami dapatkan sebelum kami sampai pada titik ini. Namun kami yakin bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha” ujar Hadi salah satu Tim YOSYTA. Oleh karena itu, bagi teman-teman Kema UNPAD lainnya yang sedang merintis prestasi di bidangnya masing-masing, jangan pernah menyerah walaupun kegalalan terus menerpa. Jangan ragu untuk mencoba, jangan pernah lelah untuk berproses, dan jangan takut untuk bangkit lagi ketika terjatuh. Tetap semangat dan semoga prestasi ini dapat menginspirasi kita semua ya, sobat!